Proses Pengolahan Lorjuk Madura Hingga Menjadi Camilan dan Lorjuk Campor

- Selasa, 29 November 2022 | 14:48 WIB
Lorjuk Madura  (Foto: intagram/@lorjukmadura.id)
Lorjuk Madura (Foto: intagram/@lorjukmadura.id)

KULINER, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang Proses Pengolahan Lorjuk Madura Hingga menjadi camilan dan Lorjuk Campor yang bisa dinikmati oleh para penikmat kuliner.  

Lorjuk Madura merupakan salah satu bahan utama dalam menyajikan camilan. Biasaya setelah proses penangkapan, lorjuk harus segera diolah di hari yang sama. Pasalnya, jika dibiarkan terlalu lama lorjuk akan mengeluarkan cairan yang berbau kurang sedap.

Tahap pertama dalam pengolahan Lorjuk adalah dengan membersihkan dan merebusnya tanpa air. Saat direbus, Lorjuk akan mengeluarkan cairan seperti kaldu yang memiliki cita rasa khas.

Baca Juga: Nikmati Lorjuk Madura, Ini Kandungan Gizinya

Lorjuk khas Madura yang telah matang perlu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, cangkang lorjuk akan mengelupas dengan sendirinya sehingga memudahkan untuk pengupasan.

Lorjuk yang telah dikupas kemudian dijemur lagi selama dua hari. Pengeringan ini memberikan daya awet alami untuk daging lorjuk yang akan dibuat olahan.

Lorjuk bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan atau camilan. Proses memasaknya pun bervariasi, ada yang mengolahnya dengan cara menggoreng, menumis, rebus, oseng, pepes, ataupun dengan mencampurnya dengan bahan makanan lain seperti kacang dan tempe.

Baca Juga: 10 Jenis Pisang Khas Madura, Nomor 4 Cocok Buat Lamaran Pernikahan

Di Madura sendiri, lorjuk diolah menjadi makanan bernama “campur lorjuk” yaitu sejenis soto yang memiliki rasa manis dan gurih. Biasanya, campur lorjuk disajikan dengan sambal dan teh hangat.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X