Nikmati Lorjuk Madura, Ini Kandungan Gizinya

- Selasa, 29 November 2022 | 09:09 WIB
Makanan khas Madura Lorjuk  (Foto: lorjukmadura.id)
Makanan khas Madura Lorjuk (Foto: lorjukmadura.id)

KULINER, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang kandungan gizi pada makanan khas Madura berupa Lorjuk.

Sudah familiar bahwa Lorjuk merupakan makanan khas yang diburu di daerah Madura. Makanan khas laut ini merupakan kuliner laut. Mirip seperti kerang bambu, Lorjuk tak kalah lezat dari berbagai jenis kerang lainnya.

Lorjuk makanan khas pulau Madura ini memiliki nilai nutrisi tinggi sama seperti kerang lainnya. Makanan yang rendah kalori ini memiliki kandungan protein, omega 3, serta mineral berupa yodium dan zat besi.

Baca Juga: Dua Jenis Soto Madura ini Bisa Anda Nikmati di Wilayah Surabaya

Dengan berbagai kandungan tersebut, lorjuk Madura tentunya tak hanya lezat untuk dikonsumsi melainkan juga baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat lorjuk untuk kesehatan di antaranya :

  1. Mencegah penyakit jantung
  2. Menurunkan kadar trigliserida
  3. Mengontrol kadar kolesterol
  4. Mengendalikan tekanan darah
  5. Membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Perlu diketahui bahwa bentuk Lorjuk Madura menyerupai pisau, tak heran kerang ini juga dinamai "jackknife" di beberapa negara. Spesifiknya, kerang lorjuk memiliki tubuh kecil sekitar 2 – 3 inci yang memanjang dan berbentuk runcing di salah satu ujungnya.

Baca Juga: Berburu Makanan Khas Gettas Di Perayaan Kebudayaan di Madura

Lorjuk hidup di habitat pesisir pantai yang berlumpur. Hewan laut satu ini bertahan hidup dengan cara bersembunyi secara vertikal pada pasir dan sedikit keluar saat air laut surut.

Tak semua pantai menjadi habitat lorjuk, kerang ini hanya dapat ditemukan di sepanjang perairan pantai yang datar dan landai seperti di Pamekasan, Madura.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X