Kesenian Hadrah Sampai di Madura Hingga Tokoh Tokoh Terkenalnya, Ada Abdullah Bin Tsa'lab?

- Senin, 28 November 2022 | 23:00 WIB
Kesenian Hadrah Sampai di Madura Hingga Tokoh Tokoh Terkenalnya, Ada Abdullah Bin Tsa'lab?  (Foto: koranmadura)
Kesenian Hadrah Sampai di Madura Hingga Tokoh Tokoh Terkenalnya, Ada Abdullah Bin Tsa'lab? (Foto: koranmadura)

 

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang kesenamian Hadrah di Madura hingga tokoh terkenal dan berpengaruh dalam kesenian ini.

Kesenian Hadrah ini konon diciptakan oleh seorang ulama di madinah atau di mekkah. Namun, para peneliti tidak mencatat penyebaran kesenian ini sampai ke Madura.

Namun, ahli hadrah dari Sumenep tahun 1929 telah mengenal Hadrah, Samman, dan Gambus sejak muda. Di Sumenep pula, ada guru dari Sumenep Zainal Arifin dan A. Bin Ta’lab.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu, Siapa Penggagas Tari Muang Sangkal di Sumenep Madura?

Tokoh ini sering menciptakan lagu baru dan merekamnya di dalam kaset. Kreasinya ini kemudian ditiru oleh beberapa kelompok di sekitar Sumenep dan di luar Sumenep.

Bahkan setiap Molod Nabbi (Maulid Nabi), setiap tahun selalu diadakan kompetisi hadrah antar semua kelompok hadrah di Sumenep yang kemudian dikompetisikan di Masjid Besar Sumenep.

Di luar Sumenep sendiri, tepatnya di Kabupaten Bangkalan, jenis musik ini masih eksis terutama di Ponpes Syaichona Kholil Demangan atau di Lebak Bangkalan dan di Dusun Keramat Ujung Piring Bangkalan.

Baca Juga: Makna Kostum Tari Muang Sangkal Sumenep Madura, Kenapa Mentruasi Jadi Larangan Menari?

Sebagaimana diketahui, bahwa musik hadrah adalah salah satu seni musik yang digemari oleh masyarakat Madura hingga saat ini terutama masyarakat pedesaan dan beberapa para kiai di kepulauan Madura.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X