Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

- Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?  (Foto: istimewa )
Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan? (Foto: istimewa )

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang musik hadrah di Madura ditabuh kapan oleh masyarakat Madura.

Sebagaimana diketahui, bahwa musik hadrah adalah salah satu seni musik yang digemari oleh masyarakat Madura hingga saat ini terutama masyarakat pedesaan dan beberapa para kiai di kepulauan Madura.

Musik hadrah di kalangan masyarakat Madura kerapkali digunakan untuk mengiringi kegiatan-kegiatan besar semisal penyambutan jama’ah haji dari Mekkah ataupun perkawinan serta beberapa pengajian akbar di Madura.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu, Siapa Penggagas Tari Muang Sangkal di Sumenep Madura?

Sejarah tentang beberapa musik yang pernah berkembang di Madura, ditulis oleh Helena Bouvier seorang peneliti dari Perancis yang bertahun-tahun tinggal di Madura ini.

Wanita ini, cukup mendetail melakukan penelitian tentang masyarakat Madura. Salah satunya adalah musik hadrah, dalam penelitiannya itu, Helena Bouvier menulis seperti ini

Hadrah adalah seni khas laki-laki. Dasarnya adalah qasidah yang merupakan dasar pelajaran penabuh dan penari sebelum mereka mulai memukul tambur datar (rebana atau rebbana) atau mulai gerak dasar dari koreografi di dalam posisi duduk (Ruddad) atau berdiri (Zaf).

Baca Juga: Berburu Makanan Khas Gettas Di Perayaan Kebudayaan di Madura

Qasidah dalam musik hadrah pada umumnya berasal dari kitab haddrah (atau Dewan Hadrah) Kitab Barzanji atau Kitab Diba.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X