Berburu Makanan Khas Gettas Di Perayaan Kebudayaan di Madura

- Senin, 28 November 2022 | 09:07 WIB
Berburu Makanan Khas Gettas Di Perayaan Kebudayaan di Madura  (Foto: Cookpad.com)
Berburu Makanan Khas Gettas Di Perayaan Kebudayaan di Madura (Foto: Cookpad.com)

KULINER , SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang kapan bisa berburu makanan khas Gettas di perayaan Kebudayaan di Pulau Madura.

Gettas merupakan kuliner wajib yang hadir di perayaan kebudayaan yang ada di pulau Madura seperti pesta pernikahan, acara adat dan lainnya seperti ketika upacara Nyadar.

Saat itulah para penjual Gettas ada menjajakan dagangannya. Makanan Khas Gettas merupakan simbol rasa syukur para petani garam atas karuniaNya karena bisa panen garam.

Baca Juga: 10 Jenis Pisang Khas Madura, Nomor 4 Cocok Buat Lamaran Pernikahan

Disaat itulah Gettas banyak dijual di sepanjang jalan menuju ke upacara ritual Nyadar, untuk rasa Gettas jangan ditanya yang pastinya enak, gurih dan manis.

Bahannya sebetulnya hampir sama dengan Serabi yang biasa disajikan saat malam tanggal 21 bulan Ramadhan. Bedanya hanya pada proses memasaknya. Kalau Gettas digoreng, sedangkan Serabi dipanggang.

Gettas sendiri dibuat dari ketan yang dihaluskan dan dicampur dengan hasil parutan kelapa muda dan kemudian digoreng.

Baca Juga: Dua Jenis Soto Madura ini Bisa Anda Nikmati di Wilayah Surabaya

Setelah selesai digoreng hasil gorengan tersebut dilumuri dengan gula merah dan gula pasir yang dicampur putih telur. Lalu bagian yang unik adalah dicampur dengan air garam.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X