• Minggu, 4 Desember 2022

Ponpes Annuqayah, Sumenep, Madura Gelorakan Demonstrasi Tolak Sampah Plastik, Begini yang Dilakukan Santri

- Jumat, 25 November 2022 | 19:42 WIB
Gelorakan Demonstrasi Tolak Sampah Plastik, Begini yang Dilakukan Santri  (Foto: istimewa)
Gelorakan Demonstrasi Tolak Sampah Plastik, Begini yang Dilakukan Santri (Foto: istimewa)

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang salah satu cara yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Annuqayah, Sumenep, Madura dalam menggelorakan penolakan sampah plastik di lingkungan Pesantren.

Sebagaimana diketahui bahwa Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura merupakan salah satu pesantren di pulau Madura yang dinobatkan sebagai pejuang lingkungan beberapa waktu yang lalu.     

Aksi peduli lingkungan dan mengurangi sampah plastik yang disuarakan oleh santri Pondok Pesantren Annuqayah Madura ini semakin masif. Salah satunya dengan cara melakukan demonstrasi.  

Baca Juga: Proses Pembuatan Batik Gentongan Madura dan Cerita Mistisnya Hingga Larangan Merendam Batik Bagi Perempuan Men

Terbaru, seluruh santri yang tergabung dalam Organisasi Daerah (Orda) melakukan demonstrasi guna menyuarakan “Tolak Sampah Plastik” dan “Siap Lakukan Aksi 3 M”.

Mereka turun jalan meneriakkan tolak sampah ini di lingkungan Pondok Pesantren. Mereka memulainya dari dari Masjid Jamik Annuqayah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di bukit Lancaran.

Demonstrasi penolakan sampah ini dilakukan sebagai tahapan lanjutan yang harus dilalui santri sebelum mereka menerapkan aksi 3 M (Menertikan, Mengurangi dan Menghindari).

Baca Juga: Rahasia Para Empu Keris Aeng Tong Tong Sumenep Madura Sampai Jadi Souvenir di Even Internasional

Aksi turun jalan ini, akan diproyeksikan untuk membangkitkan kesadaran santri dalam menyikapi fenomena sampah plastik yang kian menumpuk.  Sehingga, para pengurus mengedukasi santri atas bahaya dan bertambahnya sampah plastik yang sudah dibuat

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X