• Minggu, 4 Desember 2022

7 Selamatan Unik di Madura, Salah Satunya Saat Mau Ikut Lomba Kasti

- Jumat, 25 November 2022 | 17:58 WIB
7 Selamatan Unik di Madura, Salah Satunya Saat Mau Ikut Even Perlombaan Kasti     (Foto Sinergi Madura)
7 Selamatan Unik di Madura, Salah Satunya Saat Mau Ikut Even Perlombaan Kasti (Foto Sinergi Madura)

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang 7 tradisi selamatan di pulau Madura. Salah satunya dilakukan saat mau ikut even perlombaan bergengsi.

Tradisi selamatan di Madura sangat kental dilaksanakan apalagi bagi masyarakat desa. Masyarakat desa selalu percaya bahwa tradisi selamatan ini akan mengundang keberkahan dalam setiap apa yang ingin dikerjakannya.

Tradisi selamatan tidak lepas dari kehidupan orang Madura. Bahkan, urusan sekecil apapun pasti selalu melibatkan selamatan di dalamnya. Selamatan menjadi salah satu kegiatan yang harus ditunaikan.

Baca Juga: 3 Perbedaan Mendasar Saronen, Seruling dan Terompet Di Kalangan Masyarakat Madura

Berikut akan disajikan artikel tentang 8 selamatan yang ada di Madura:

  1. Bila mau ikut event atau olahraga di ajang bergengsi

Selain harus beli jamu dan bikin ramuan sendiri ala Madura agar stamina kuat dan tahan banting saat ikut event olahraga atau kejuaraan bergengsi seperti volly, sepak bola, futsal ataupun kasti, maka tradisi selamatan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Tentu saja agar selamat dan menang. Apalagi olahraga kasti. Yang memang rentan membuat pemainnya linglung (adu dukun), cedera sebab benturan keras, berkelahi, bolanya terlihat jadi beberapa butir, dan lain sebagainya. Maka agar terhindar dari hal yang tak diinginkan itu, salah satunya adalah mengaji dan berdoa kepada Allah agar selamat.

Baca Juga: Rahasia Para Empu Keris Aeng Tong Tong Sumenep Madura Sampai Jadi Souvenir di Even Internasional

  1. Usai Membeli  Kendaraan Baru

Jangankan baru membeli kendaraan yang mahal, yang murah sekalipun, bagi orang Madura harus selamatan meski hanya kecil-kecilan semisal mengundang tetangga yang berjumlah dua atau tiga orang. Hal ini bertujuan agar kendaraan itu tidak mudah rusak. Agar sang pengendara selamat dari jatuh, tabrakan, dan kronologi tak diinginkan bersama kendaraan barunya itu.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X