• Minggu, 4 Desember 2022

Sepeda Ontel di Madura, Bukti Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Mental Anak

- Jumat, 25 November 2022 | 14:48 WIB
Sepeda Ontel di Madura, Bukti Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Mental Anak   (Foto: intagram/@yunita_shaarie)
Sepeda Ontel di Madura, Bukti Kepedulian Orang Tua Terhadap Pendidikan Mental Anak (Foto: intagram/@yunita_shaarie)

TENTANG MADURA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang kebiasan masyarakat Madura dalam membelikan sepeda ontel sebagai bukti kepedulian orang tua terhadap pendidikan mental anak.

Sepeda ontel di kalangan masyarakat Madura memang tidak asing. Akan tetapi sepeda ontel di kalangan masyarakat Madura ini menjadi salah pendidikan mental terhadap anak-anak mereka.

Di pulau Madura, kepedulian orang tua kepada pendidikan ternyata sangat luar biasa. Mendidik dengan cara membelikan sepeda ontel kepada anaknya adalah cara terbaik dalam membumikan nilai-nilai kesederhanaan, kemandirian, ketangguhan luar biasa menuju peradaban pendidikan yang lebih menjanjikan.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Favorit di Madura yang Menakjubkan, Ramai Dikunjungi Wisatawan

Sebagaimana diketahui bahwa di  pulau Madura sepeda ontel adalah salah satu kendaraan yang biasa digunakan oleh siswa dan siswi untuk berangkat ke sekolahnya.

Orang Madura yang ingin menuntut ilmu ke sekolah menggunakan berbagai sarana yang terus mengalami pergeseran dari hari ke hari. Ada yang berjalan kaki, diantarkan orang tua, naik sepeda ontel, naik sepeda motor, naik mobil, hingga naik bis dengan cara berjamaah adalah momen yang tidak pernah bisa dilupakan dalam kenangan kita di sekolah.

Bagi orang Madura, pendidikan mental dengan sepeda ontel harus tetap dipertahankan sebagai perantara dalam membangun mental siswa agar  menghargai proses. Selain menjaga kesehatan dan kebugaran anak-anak, pendidikan dengan sepeda ontel juga mendukung terciptanya ramah lingkungan dengan tidak mencemari melalui asap knalpot. 

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Perbedaan Tong Tong dengan Ul Daul di Madura

Pendidikan mental berbasis “sepeda ontel” tentu juga akan mengurangi  kenakalan remaja karena kenakalan remaja hari ini kebanyakan dipicu oleh life style hingga muncul geng motor dan lain sebagainya.  Karenanya, mentradisikan anak-anak dengan sepeda ontel adalah cara terbaik dalam menumbuhkan sikap kesemangatan dalam meraih cita-cita. 

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Rekomendasi Warung Kopi di Kabupaten Sampang Madura

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB
X