• Sabtu, 3 Desember 2022

Yuk Cari Tahu Perbedaan Tong Tong dengan Ul Daul di Madura

- Kamis, 24 November 2022 | 22:08 WIB
Yuk Cari Tahu Perbedaan Tong Tong dengan Ul Daul di Madura  (Foto: intagram@daul_pamekasan)
Yuk Cari Tahu Perbedaan Tong Tong dengan Ul Daul di Madura (Foto: intagram@daul_pamekasan)

BUDAYA , SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang perbedaan tradisi tong tong dengan ul daul yang ada di Madura.

Tong-tong bagi orang Madura merupakan alat musik tradisional Madura yang sudah tidak asing lagi, pasalnya alat musik ini dikenal juga diberbagai daerah di Indonesia, termasuk di kalangan masyarakat Madura.

Hanya saja yang membedakan ialah penyebutan atau namanya saja, bisa jadi ditempat atau daerah lain alat musik pukul ini bukan bernama tong-tong.

Baca Juga: Batik Gentongan Di Bangkalan Madura Jadi Maskawin, Kharisma Istri Idaman Semakin Luar Biasa

Meskipun tong-tong menyerupai kentongan, tapi bukan berarti sama. Sebab tong-tong ini memiliki nada yang disesuaikan. Jadi, telah dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan nada yang sesuai dan pas.

Tong-tong biasa dimainkan bersamaan dalam bentuk group, kurang lebih mirip instrumen angklung atau calung. Ada gendang dan peralatan yang mendukung lainnya.

Selain dimainkan sebagai instrumen, alat musik khas Madura ini juga biasa mengiringi nyanyian koor, yaitu lagu yang dinyanyikan bersama-sama, kurang lebih seperti paduan suara.

Baca Juga: 10 Pantun Madura Romantis yang Bikin Wanita Kepincut Hatinya

Sementara, ul daul sama juga berbentuk kelompok. Sebetulnya tidak jauh berbeda sama tong-tong, alat musik ini juga berasal dari kentongan yang digunakan oleh masyarakat untuk membangunkan sahur saat bulan ramadhan.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X