• Sabtu, 3 Desember 2022

Proses Pembuatan Batik Gentongan Madura dan Cerita Mistisnya Hingga Larangan Merendam Batik Bagi Perempuan Men

- Kamis, 24 November 2022 | 19:37 WIB
Proses Pembuatan Batik Gentongan Madura dan Cerita Mistisnya Hingga Larangan Merendam Batik Bagi Perempuan Menstruasi  (Foto: Instagram/@poer_batik_bojonegoro_gresik)
Proses Pembuatan Batik Gentongan Madura dan Cerita Mistisnya Hingga Larangan Merendam Batik Bagi Perempuan Menstruasi (Foto: Instagram/@poer_batik_bojonegoro_gresik)

BUDAYA , SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang proses pembuatan Batik Gentongan Madura dan cerita Mistisnya dari berbagai sumber berikut ini.

Artikel kali akan menyajikan bagaimana pembuatan Batik Gentongan Madura dan cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat Madura.

Pembuatan Batik Gentongan Madura relatif lebih lama, pasalnya setelah dibatik, kain direndam dalam gentong yang terbuat dari tanah liat, tempat wadah air di masa kuno.

Baca Juga: Batik Gentongan Di Bangkalan Madura Jadi Maskawin, Kharisma Istri Idaman Semakin Luar Biasa

Paling cepat batik direndam dalam gentong selama sehari-semalam, sementara itu paling lama 41 hari disertai ritual khusus.

Proses perendaman di gentong diyakini bisa memunculkan aura kain batik. Bahkan, masyarakat Madura memiliki pantangan khusus di mana perempuan yang tengah menstruasi tidak diperbolehkan melakukan ritual gentongan alias merendam kain batik dalam gentong.

Maka tidak heran jika siapa pun yang memakai motif batik Gentongan Madura ini akan tampak memiliki aura, karena ada ritual khusus yang dijalankan.

Baca Juga: Kucing Busok, Kucing Endemik Madura yang di Akui oleh World Cat Federation !

Ritual khusus dan kerumitan pembuatan Batik Gentongan Madura menyebabkan tidak sembarang orang sanggup mempelajarinya.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X