• Sabtu, 3 Desember 2022

Batik Gentongan Di Bangkalan Madura Jadi Maskawin, Kharisma Istri Idaman Semakin Luar Biasa

- Kamis, 24 November 2022 | 19:28 WIB
Batik Gentongan Di Bangkalan Madura Jadi Maskawin, Kharisma  Istri Idaman Semakin Luar Biasa  (Foto: intagram/@azrielbatiktanjungbumi)
Batik Gentongan Di Bangkalan Madura Jadi Maskawin, Kharisma Istri Idaman Semakin Luar Biasa (Foto: intagram/@azrielbatiktanjungbumi)

BUDAYA , SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang Batik Gentongan di Kabupaten Bangkalan Madura yang bisa dijadikan sebagai maskawin.

Batik Gentongan di Bangkalan Madura menjadi salah satu motif batik langka akhir akhir ini. Karena, di kalangan masyarakat pribumi, Batik Gentongan juga memiliki nilai eksklusif.

Batik Gentongan Bangkalan Madura ini tidak diperjualbelikan untuk kepentingan industri, melainkan dibuat untuk digunakan sendiri. Makanya sangat jarang ditemukan.

Baca Juga: Rahasia Para Empu Keris Aeng Tong Tong Sumenep Madura Sampai Jadi Souvenir di Even Internasional

Pada upacara pernikahan misalnya, Batik Gentongan menjadi salah satu mas kawin yang wajib diberikan pengantin laki-laki kepada mempelai perempuan.

Kain batik itu dibuat khusus oleh mempelai laki-laki dan keluarganya. Pemberian kain batik Gentongan kepada dimaksudkan untuk meningkatkan kharisma jika nantinya dipakai sang istri.

Hingga kini, sebagian masyarakat Bangkalan masih menjaga tradisi tersebut.
Dahulu, jika ada yang tidak mengikuti adat membuat dan menyerahkan kain batik Gentongan kepada mempelai perempuan, maka akan menjadi omongan tetangga.

Baca Juga: Romantis! 10 Pantun Madura Cinta, Cocok Buat Baperin Si Dia

Pasalnya, tindakan yang demikian akan dinilai tidak mengikuti adat-istiadat yang sudah turun-temurun di masyarakat.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X