Simak Cerita Sunan Cendana dan Pertemuannya dengan Ikan Mondung

- Kamis, 24 November 2022 | 02:22 WIB
Simak Cerita Sunan Cendana dan Pertemuannya dengan Ikan Mondung (Foto: Instagram@wile_alim)
Simak Cerita Sunan Cendana dan Pertemuannya dengan Ikan Mondung (Foto: Instagram@wile_alim)

 

RELIGI, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang cerita Sunan Cendana dan pertemuannya dengan Ikan Mondung

Sunan Cendana salah satu waliyullah
sampai di Pulau Madura hanya bukan dengan berjalan kaki apalagi harus menyebarang sebuah selat. Melainkan ia bertemu dengan ikan Mondung

Ditengah perjalanan Sunan Cendana bertemu dengan seekor ikan besar, ikan tersebut dikenal sebagai ikan Mondung. Kemudian ikan Mondung ini menawarinya untuk naik di atas punggung ikan dan meminta Sunan Cendana untuk tidak membunuhnya.

Baca Juga: Indahnya Gua Soekarno, Usung Konsep Positif Tourism Satu Satunya di Sumenep Madura

Maka, seketika itu Sunan Cendana menyetujui permintaan ikan Mondung dan naik ke atas punggung ikan. Sesampainya di Pulau Madura atau tepatnya di pesisir pantai Kecamatan Kwanyar sebelah timur Wisata Pantai Rongkang.

Turunlah Sunan Cendana dari punggung ikan Mondung lalu berkata kepada ikan bahwa ikan tersebut boleh meminta hal apa saja demi membalas kebaikannya.

Namun ternyata ikan Mondung tidak meminta apa – apa kecuali barokah dari Sunan Cendana.

Baca Juga: Begini Eksotisme Gua Mahakarya di Kabupaten Sumenep Madura

Mendengar hal itu spontan Sunan Cendana berjanji kepada ikan Mondung bahwa jika kelak ada keturunan beliau yang memakan dia beserta keturunannya maka keturunan Sunan Cendana akan terkena penyakit kulit.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X