• Minggu, 4 Desember 2022

Musik Tong Tong, Musik Lokal Madura Rasa Modern

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:03 WIB
tong tong Madura (Foto: intagraml@musiktongtong_madura)
tong tong Madura (Foto: intagraml@musiktongtong_madura)

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang musik lokal tong tong Madura yang berasa musik modern yang bisa didengarkan anda saat berkunjung ke Madura.

Pada awalnya musik tong tong Madura hanya terbuat dari bambu tradisional yang biasa dibunyikan saat bulan Ramadhan tiba untuk membangunkan orang yang akan sahur. Mereka biasanya berkelompok.

Dari tangan para pemusik Tong-Tong yang notabene hanya seperangkat alat musik terbuat dari bambu, bisa diracik untuk menghasilkan bunyi-bunyian seperti alat-alat musik modern.

Baca Juga: LINK DOWNLOAD Film Horor Inang 2022 LK21, IndoXXI dan Rebahin, Klik Ini

Musik tong-tong adalah salah satu aliran seni musik lokal. Tong-tong dalam konteks saat ini, tidak bisa dilihat hanya sekedar seperangkat alat musik lokal yang apa adanya, tapi diakui ataupun tidak, tong-tong telah mampu menjadi ikon seni musik yang tumbuh dan berkembang dari kondisi lokal.

Musik tong-tong adalah kreatifitas masyarakat lokal yang disemangati oleh komitmen untuk memberdayakan dan menyelaraskan seni musik lokal dengan perkembangan alat musik modern.

Kehadiran musik Tong-Tong tidak hanya sekedar menjadi pelengkap dalam dunia seni musik, tetapi telah menjadi ikon baru dalam perkembangan seni musik kekinian.

Baca Juga: Link Nonton Antares Season 2 Episode 7A Gratis Di Telegram dan LK21 Lengkap!

Modifikasi alunan musik dan link lagu yang seringkali ditampilkan dalam musik tong-tong, tidak hanya menyajikan lagu-lagu dengan nilai lokal, tetapi juga mampu diracik dengan lagu-lagu yang tercipta abad ini, sehingga musik tong-tong tampak lebih menjadi aliran musik yang serba bisa, terutama ketika harus memunculkan identitas sebagai aliran tradisi seni musik yang diformulasi dengan kekayaan lokal.

Bangkitnya musik tong-tong bukan hanya telah mampu menjadi tradisi seni dengan kekuataan lokal yang sangat kental, tetapi juga telah mampu menjadi ikon baru yang harus diapresiasi dengan maksimal.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X