• Minggu, 4 Desember 2022

Dari Kabupaten Manakah Batik Madura Berasal?

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:54 WIB
Batik Madura (Instagram/@canteng_koneng)
Batik Madura (Instagram/@canteng_koneng)

BUDAYA, SINERGI MADURA - Simak informasi artikel berikut tentang dari Kabupaten Manakah sebenarnya tradisi membatik di pulau Madura.

Batik Madura adalah batik khas Pulau Madura yang memiliki beragam motif dan corak yang unik. Motifnya dibuat secara tradisional dan menggunakan pewarna alami serta diwariskan secara turun-temurun.

Dalam berbagai literatur disebutkan bahwa sejarah batik Madura tidak terlepas dari keberadaan kerajaan di Pamelingan yang saat ini dikenal dengan nama Pamekasan. Kemudian, batik tulis Madura mulai dikenal oleh masyarakat umum antara abad ke-16 dan ke-17.

Baca Juga: Nonton Film Cinta Subuh LK21 Gratis di Mana? Coba Gunakan Tautan Ini

Batik Madura pertama kali diperkenalkan i bagian dari budaya Indonesia. Batik adalah bentuk kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi. Sebenarnya, batik sudah menjadi pakaian tradisional yang menasional. Hal tersebut disebabkan, karena batik wajib dikenakan pada setiap acara besar dan di hari-hari tertentu.

Di Negara Indonesia Indonesia memiliki banyak motif dan corak batik dengan makna filosofis di dalamnya. Helen Ishwara dalam bukunya yang berjudul Benang Raja juga menyebutkan bahwa metode membatik sebenarnya sudah dikenal sejak lama dengan cara yang berbeda sesuai zamannya.

Inti dari membuat batik, yaitu menciptakan ragam hias pada kain dengan metode merintang warna. Caranya adalah membuat gambar pada kain dengan zat yang tidak tembus cairan pencelup warna. Setelah itu, zat perintang warnanya dirontokkan agar motifnya tampak.

Baca Juga: LINK STREAMING NONTON KKN di Desa Penari LK21 Gratis Kualitas HD 720p

Meski kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, tapi kehadirannya tidak tercatat dengan pasti. Menurut seorang peneliti bernama G.P Rouffaer, teknik batik kemungkinan diperkenalkan oleh orang India atau Sri Lanka pada abad keenam atau ketujuh oleh para pedagang yang mendarat di sekitar pesisir Indonesia, salah satunya di Madura.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musik Hadrah di Madura Ditabuh Kapan?

Senin, 28 November 2022 | 21:46 WIB
X