• Senin, 5 Desember 2022

Tajin Sappar Madura, Rasanya Menggigit Lidah

- Rabu, 21 September 2022 | 10:30 WIB
Tajin Sappar Madura (Istimewa)
Tajin Sappar Madura (Istimewa)

KULINER, SINERGI MADURA - Simak informasi tentang tajin Sappar. Salah satunya kuliner yang ada di Madura yang bermakna dan menjadi tradisi setiap momen sapparan.

Setiap Bulan Safar, ada tradisi di masyarakat Madura, yakni membuat tajin Sappar. Tajin ini diolah dengan bahan dasar tepung beras, gula merah kemudian diberi santan kelapa. Rasanya sangat menggigit lidah.

Nama bubur Safar sendiri memiliki arti tajin atau bubur sedang safar berarti bulan Safar. Bubur atau jenang khas yang diolah menggunakan tepung beras tersebut memiliki ciri khas warna dasar coklat muda atau merah dengan sedikit putih ditengah.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini, 21 September 2022 Turun Rp 5 Ribu Per Gram

Dilansir dari beberapa sumber, tajin sappar terbuat dari tepung ketan yang didesain bulatan-bulatan kecil seukuran kelereng.

Bubur itu juga dilengkapi dengan air gula merah dan pisang. Bahan lainnya berupa santan, sedikit garam, gula putih, dan daun pandan untuk memberi aroma harum.

Menurut salah satu penyampaian budayawan Sumenep mengungkapkan Tajin Sappar hanyalah menjadi sebuah ekspresi keagamaan dan kebudayaan masyarakat Madura dalam menunjukkan identitasnya.

Baca Juga: Nonton Serigala Terakhir Season 2 Episode 8 Bukan di Telegram atau LK21 Tapi Dijamin Kualitas HD

Ada juga yang diwujudkan dalam bentuk kuliner seperti tradisi Tajin Sorah di bulan Muharram, Rasolan di Bulan Maulid, dan Tajin Sappar di Bulan Safar.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Rekomendasi Warung Kopi di Kabupaten Sampang Madura

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:09 WIB

10 Restoran Terbaik di Sumenep Madura

Rabu, 30 November 2022 | 21:35 WIB

Tahukah Anda, Ternyata Lorjuk Madura Ada di Sebuah Film

Selasa, 29 November 2022 | 14:50 WIB

Nikmati Lorjuk Madura, Ini Kandungan Gizinya

Selasa, 29 November 2022 | 09:09 WIB
X