• Sabtu, 3 Desember 2022

Seret Nama Dandim 0827, DPC PWRI Sumenep Kecam Konten Media Ini

- Rabu, 23 November 2022 | 17:03 WIB
KOMPAK: DPC PWRI Sumenep mengecam konten atau isi berita salah satu media lantaran keluar dari KEJ dan merugikan banyak pihak (Dok. Sinergi Madura)
KOMPAK: DPC PWRI Sumenep mengecam konten atau isi berita salah satu media lantaran keluar dari KEJ dan merugikan banyak pihak (Dok. Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Konten dengan judul "Kasus Dugaan Penipuan Oleh Fauzi, Kini Seret Nama Dandim Sumenep" yang terbit di website Suara Anak Kolong pada Minggu, 20 November 2022 dinilai keluar dari kode etik jurnalistik dan mencemarkan nama baik.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Investigasi, Advokasi Hukum dan HAM DPC PWRI Kabupaten Sumenep, Moh. Rudi Hartono.

Menurut Rudi, dalam menulis mestinya wartawan memperhatikan kaidah jurnalistik dengan baik dan benar. Apabila terdapat konten atau isi berita keluar dari KEJ maka patut untuk disikapi bersama.

Baca Juga: Link Nonton 1899 Sub Indo Gratis, Serial Terbaru yang Sedang Trending di Netflix

"Konten tersebut tidak layak disebut berita, itu konten sampah yang bisa berakibat merugikan profesi wartawan," katanya, Rabu 23 November 2022.

Rudi menyebut, alasan pertama dikatakan merugikan lantaran konten tersebut tidak cover bothside atau berimbang.

"Para pihak terkait di dalam pemberitaan tersebut tidak dikonfirmasi oleh penulis berita. Padahal dalam konteks berita itu, seharusnya penulis berita melakukan konfirmasi kepada pihak terkait," tegasnya.

Baca Juga: Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 2 SD/MI Semester 1 Beserta Kunci Jawaban

Kedua, website Suara Anak Kolong tidak jelas statusnya sebagai media massa. Sebab, website tersebut mencantumkan menu Tentang Kami, namun laman itu kosong alias tidak ada isinya.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendaftar PPK KPU Sumenep Lewat SIAKBA Membludak

Selasa, 29 November 2022 | 07:59 WIB

Tingkat Pengangguran Terbuka di Sumenep Menurun

Sabtu, 19 November 2022 | 14:05 WIB

Wanita Asal Dungkek Sumenep Dikabarkan Menghilang

Selasa, 15 November 2022 | 12:40 WIB
X