Hewan Ternak di Sampang Wajib Pasang Anting Eartag

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:02 WIB
MEMAPARKAN: Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Arif Rahman Hakim saat diwawancara di ruangan kerjanya (Dok. Sinergi Madura)
MEMAPARKAN: Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Arif Rahman Hakim saat diwawancara di ruangan kerjanya (Dok. Sinergi Madura)

SAMPANG, SINERGI MADURA - Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan (Disperta KP) Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan ternak secara digital, berupa pemasangan anting telinga atau Eartag.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 559/KPTS/PK.300/M/7/2022. tentang Penandaan dan Pendataan Hewan Dalam Rangka Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku.

Pemasangan anting Eartag ini bertujuan untuk mempermudah menginput data dan mengetahui hewan ternak yang belum atau sudah dilakukan suntik vaksin PMK.

Baca Juga: Destinasi Wisata Gratis di Malang, Healing Sekaligus Refreshing dengan Terapi Ikan

Meski demikian, pemasangan anting telinga atau Eartag pada sapi masih belum diterima sepenuhnya oleh masyarakat, lantaran hampir mirip dengan sapi bantuan dari pemerintah.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang, Suyono, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Arif Rahman Hakim menyampaikan bahwa pemasangan anting pada telinga sapi atau Eartag merupakan peraturan dari kementerian, guna untuk lebih cepat mengetahui terkait kesehatan sapi yang berada di Kabupaten Sampang.

Baca Juga: Disperindag Pamekasan Gelar Gebyar Batik Pamekasan World Conference On Creative Economy di Bali International

"Anting yang akan di gunakan pada sapi ini kan sudah ada barcodenya, jadi kita itu akan lebih mudah mengetahui sapi-sapi yang sudah di vaksin melalui aplikasi bernama “Identik PKH” dan juga lebih mudah untuk mendata," ucapnya, pada Jum'at 7 Oktober 2022.

Arif menjelaskan bahwa saat ini di wilayah Kabupaten Sampang, pemasangan anting telinga atau Eartag pada sapi sudah terlaksana sekitar 300 ekor lebih.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X