Satlantas Polres Sampang Akan Berlakukan Penghapusan Data Kendaraan yang STNK Mati 2 Tahun

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:28 WIB
Ilustrasi BPKB (Istimewa)
Ilustrasi BPKB (Istimewa)

SAMPANG, SINERGI MADURA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sampang, Madura, Jawa Timur, akan menerapkan penghapusan data kendaraan bermotor yang STNK-nya mati dua tahun. Hal ini berdasarkan ketentuan dalam Undang-undang pasal 74 Ayat (3) Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Hal tersebut diterapkan dalam upaya untuk memaksimalkan pendapatan daerah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta kepatuhan terhadap wajib bayar pajak.

Dengan demikian, apabila pajak kendaraan bermotor mati selama dua tahun setelah masa berlaku STNK habis, maka Samsat Nasional akan menghapus registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor alias bodong.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN Post Test Modul 1 2 3 4 5 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi SD Merdeka Belajar

Kasatlantas Polres Sampang AKP Alimuddin Nasution mengatakan hal tersebut diterapkan dalam rangka menertibkan pelaksanaan kewajiban pajak. Nantinya, tim Pembina Samsat Nasional akan menghapus registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang tidak melakukan registrasi ulang sekurangnya-kurangnya 2 tahun setelah masa berlaku STNK habis.

"Ini adalah sebagai implementasi dari ketentuan dalam Pasal 74 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," ucapnya, Rabu 24 Agustus 2022.

Sementara untuk penerapannya, kata Nasution, akan dilakukan secara bertahap dengan diawali sosialisasi terlebih dahulu baik secara langsung maupun media elektronik.

Baca Juga: SINOPSIS 12 Cerita Glen Anggara, Film Penuh Makna yang Dibintangi Prilly Latuconsina

"Maka dari itu sebelum aturan ini diterapkan, kami menghimbau agar masyarakat memperpanjang STNK sesuai aturan yang berlaku. Agar kendaraan tidak menjadi bodong. Makanya langkah kami terus sosialisasi kepada warga dan media serta radio," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X