• Kamis, 6 Oktober 2022

Cegah Stunting, Dinkes KB Sampang Gelar Pembinaan Kader Pembangunan Manusia

- Rabu, 22 Juni 2022 | 14:30 WIB
PEMBINAAN: Dinkes KB Sampang melakukan pembinaan kader pembangunan manusia (Zainullah - Sinergi Madura)
PEMBINAAN: Dinkes KB Sampang melakukan pembinaan kader pembangunan manusia (Zainullah - Sinergi Madura)

SAMPANG, SINERGI MADURA - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang menggelar pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di aula Hotel Panglima, Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Rabu 22 Juni 2022.

Menurut Kasi Keluarga dan Gizi Masyarakat (KGM) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang, Siti Nur Aisyah menyampaikan bahwa penurunan stunting dilakukan melalui pendekatan keluarga dimana hal tersebut dibagi menjadi tiga klaster yaitu. Klaster data, operasional, dan TPK (Tim pendampingan keluarga)

"Jadi dengan adanya pendampingan melalui pendekatan keluarga sehingga terbentuk yang namanya TPPS (Tim percepatan penurunan stunting) mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa," ucapnya.

Baca Juga: 8 Twibbon Hari Bidan Nasional 2022, Disertai Cara Memasangnya

Menurut Aisyah, TPPS tersebut dibentuk untuk meningkatkan penurunan stunting dimana target stunting di tahun 2024 harus turun menjadi 14 persen. Sedangkan target di tahun 2022 yaitu 18 persen.

Sedangkan di Kabupaten Sampang di tahun 2022 berdasarkan hasil SSGBI 17,2 persen, jadi masih ada 3 persen untuk mencapai target di tahun 2024. Tapi berdasarkan operasional timbang 6,8 persen.

"Jadi berdasarkan operasional timbang kita sudah turun 6,8 persen tapi berdasarkan SSGBI 17,2 persen. Ini masih menjadi PR kita bersama supaya di tahun 2024 mencapai 14 persen," terangnya.

Baca Juga: Link Download Film Pengabdi Setan 2 Paling Populer 2022, Klik Segera

"Sedangkan yang diakui secara nasional adalah SSGBI. Namun untuk operasional timbang masih belum diakui secara nasional. Sehingga yang digunakan untuk mencapai target di tahun 2024 adalah SSGBI," imbuhnya

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivis PMII Cabang Sampang Tolak Kenaikan Harga BBM

Selasa, 6 September 2022 | 18:55 WIB

Aksi Demonstrasi PMII di Depan Kantor DPRD Sampang Ricuh

Selasa, 6 September 2022 | 13:38 WIB
X