• Kamis, 6 Oktober 2022

Perubahan Iklim Tak Menentu, Petani di Sampang Kebingungan Tentukan Masa Awal Tanam Tembakau

- Selasa, 31 Mei 2022 | 15:50 WIB
MENANAM: Salah satu petani di Sampang saat menanam ulang tembakau yang mati terkena air (Zainullah - Sinergi Madura)
MENANAM: Salah satu petani di Sampang saat menanam ulang tembakau yang mati terkena air (Zainullah - Sinergi Madura)

SAMPANG, SINERGI MADURA - Perubahan iklim dan cuaca tidak menentu, membuat sejumlah petani di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, merasa kebingungan menentukan masa awal tanam tembakau.

Namun, bagi petani yang sudah terlanjur menanam tanaman varietas tersebut merasa waswas dan pasrah. Sebab, kondisi hujan dan panas yang sulit diprediksi membuat proses pembibitan bakal tak maksimal.

Hal tersebut disampaikan Ridwan (28) salah satu petani tembakau di Desa Pacanggaan, Kecamatan Pangarengan, mengatakan bahwa dampak perubahan cuaca yang tak menentu, saat ini para petani di daerahnya kebingungan menentukan masa tanam tembakau.

Baca Juga: Viral, Remaja Pencuri Amal Masjid di Sampang Madura Ditangkap Warga

"Hanya 30 persen saja warga yang menanam tembakau, sisanya enggan untuk menanam karena anomali cuaca. Kalau di paksa tanam tembakau bisa mati karena terkena air hujan," ujarnya, Selasa 31 Mei 2022.

Meski demikian, Ridwan mengaku dirinya tetap menanam tembakau walau keadaan cuaca tidak menentu. Sebab, tembakau merupakan salah satu mata pencarian para petani untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

"Kalau tidak menanam tembakau ya mau bagaimana lagi mas, karena ini merupakan salah satu penghasilan petani, daripada nganggur," ungkapnya.

Baca Juga: Liga Inggris : Chelsea Resmi Memiliki Pemilik Baru

Bagi para petani yang sudah terlanjur menanam, kata Ridwan, mereka mulai khawatir lantaran intensitas curah hujan beberapa hari ini cukup deras, sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman tembakau

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aktivis PMII Cabang Sampang Tolak Kenaikan Harga BBM

Selasa, 6 September 2022 | 18:55 WIB

Aksi Demonstrasi PMII di Depan Kantor DPRD Sampang Ricuh

Selasa, 6 September 2022 | 13:38 WIB
X