Festival Jaran Serek Pikat Mata Ribuan Masyarakat Sumenep

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 13:40 WIB
BERKUDA: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat mengapa ribuan masyarakat yang hadir dalam acara Festival Jaran Serek. (Wakid Maulana - Sinergi Madura)
BERKUDA: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi saat mengapa ribuan masyarakat yang hadir dalam acara Festival Jaran Serek. (Wakid Maulana - Sinergi Madura)

SUMENEP, SINERGI MADURA - Festival Jaran Serek (kuda menari) sukses memikat ribuan masyarakat Sumenep, Madura, Jawa Timur dengan ragam atraksinya. Iringan musik tradisional saronen juga membuat langkah kuda semakin menarik dipertontonkan.

Festival Jaran Serek ini dimulai dari depan Lapangan Giling menuju Labang Mesen Keraton Sumenep.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat yang antusias untuk menonton festival jaran serek ini, karena kehadirannya baik di lokasi pemberangkatan maupun sepanjang jalan rute, merupakan bentuk dukungan terhadap kami,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat pelepasan acara, Sabtu 27 Mei 2023.

Baca Juga: Tak hanya Sate Madura, Inilah 5 Makanan khas Madura enak dan lezat yang wajib kamu coba!

Bupati Fauzi mengatakan, Festival Jaran Serek merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menjaga budaya lokal dan tradisi yang telah ada sejak zaman dulu.

“Masyarakat yang mendukung kegiatan pemerintah daerah sejatinya adalah kekuatan, untuk bersama-sama membangun daerah melalui sektor seni budaya, sebagai sarana mempromosikan wisata dan menggerakkan ekonomi,” katanya, lebih lanjut.

Lewat massifnya pagelaran seni dan budaya lokal, Bupati Fauzi optimis akan memberikan dampak positif terhadap kebangkitan ekonomi kerakyatan. Bahkan, sisi lainnya juga dalam pengenalan aspek budaya luhur kepada generasi muda.

Baca Juga: Komedian Benjo Meningal Dunia Akibat Stroke

“Harapannya, para generasi muda dengan festival ini memiliki wawasan dan pengetahuan yang pada akhirnya ikut menjaga dan merawat jaran serek dan musik tradisional saronen agar tetap lestari di era apapun,” tegasnya.

Bupati Fauzi menambahkan, pihaknya sangat mengapresasi para pelaku seni seperti keberadaan jaran serek dan saronen.

“Diharapkan terus melestarikan kepada generasi muda supaya keberadaannya tidak semakin berkurang, namun tetap ada sampai kapanpun,” harap Bupati Fauzi.

Baca Juga: BAHAYA! Inilah Dampak Psikologis Korban Revenge Porn, Yuk Belajar dari Kasus Rebecca Klopper

Sekadar informasi, saat acara pelepasan Festival Jaran Serek yang merupakan bagian dari kalender bertajuk Masa Kejayaan 2023 ini, Bupati Fauzi juga tampak menaiki salah satu jaran (kuda) layaknya seorang raja pada zaman dahulu diiringi alunan musik tradisional saronen.

Dengan penampilannya yang khas menggunakan pakaian adat Madura, Bupati Fauzi tampil menawan sambil menyapa ribuan masyarakat yang hadir menyaksikan. ***

Halaman:

Editor: Abd Wakid

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sumenep Minta Program RTLH Baznas Tepat Sasaran

Kamis, 7 September 2023 | 21:17 WIB

Dinsos P3A Sumenep Urai Problem Angka Kemiskinan

Rabu, 6 September 2023 | 21:02 WIB
X