• Kamis, 6 Oktober 2022

4 Karomah KH Hasyim Asy'ari, Nomor 3 Bikin Belanda Tekuk Lutut

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:14 WIB
Kisah karomah KH Hasyim Asy'ari (Foto: Istimewa)
Kisah karomah KH Hasyim Asy'ari (Foto: Istimewa)

PROFIL, SINERGI MADURA - KH Hasyim Asy'ari lahir pada Selasa Kliwon, 24 Zulkaidah 1287 H. 14 Februari 1871 M di Desa Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur.

KH Hasyim Asy'ari merupakan ulama pemikir dan pejuang, serta pahlawan nasional yang menjadi salah satu tokoh besar Indonesia abad ke-20.

Muassis Nahdlatul Ulama sekaligus Pencetus Resolusi Jihad itu kemudian wafat pada tanggal 7 Ramadan 1366 H atau bertepatan dengan 25 Juli 1947 M.

KH Hasyim Asyari adalah Rais Akbar Nahdlatul Ulama (NU) 1926 -1947. Pada tahun 1899, ia mendirikan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Santri pertama ada 8 orang, tiga bulan kemudian menjadi 28 orang.

Baca Juga: Biodata dan Perjalanan Karier Najwa Shihab yang Curi Perhatian Publik

Di samping itu, sosok kiyai putra dari pasangan suami istri KH Asy'ari dengan Nyai Halimah ini juga dikenal dengan karomahnya yang menakjubkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut karomah KH Hasyim Asy'ari:

1. Mengetahui isi hati orang

Memiliki kemampuan bisa mengetahui isi hati orang lain bukanlah perkara mudah. Kebersihan hati dan ketuguhan spiritual yang dapat sampai pada kemampuan itu.

Kiai Hasyim menurut kesaksian Kiai Abu Bakar dapat mengetahui isi hati orang lain, padahal saat itu tidak pernah diceritakan hal tersebut kepada beliau.

Halaman:

Editor: Hayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X