Selain Suara Mesin Transmisi Kasar, Ini Tanda Sepeda Motor Wajib Ganti Oli

- Kamis, 25 November 2021 | 15:59 WIB
Sedang ganti oli sepeda motor
Sedang ganti oli sepeda motor

OTOMOTIF, SINERGI MADURA -  Di era sekarang sepeda motor sudah menjadi kebutuhan primer yang perlu dipenuhi oleh setiap orang untuk menunjang atau mempermudah aktivitasnya.

Sehingga tak heran jika sepeda motor selalu digunakan setiap hari untuk bekerja, yang hal itu sampai membuat kita lupa untuk merawatanya.

Salah satu perawatan sepeda motor yang paling penting dijaga yaitu urusan mesin, utamanya dalam mengecek olinya, karena oli sangat berguna untuk mendinginkan mesin.

Jika kita terus-terusan memakai sepeda motor tanpa mengecek olinya, maka hal itu akan menjadi kotor sebab kimianya semakin berkurang atau bahkan hilang, sehingga bisa membuat mesin menjadi rusak.

Lantas  bagaimana cara kita untuk mengatahui, bahwa oli sepeda motor harus diganti?

Baca juga: Daftar Harga Motor Yamaha di Wilayah Sumenep Madura per November 2021

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tanda sepeda motor wajib ganti oli, antara lain:

1. Cek jarak tempuh
Salah satu tanda oli motor harus diganti adalah dengan mengecek jarak tempuh  dengan melihat di dasbor motor adalah patokan tanda oli motor harus diganti paling mudah.

Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa oli sepeda motor harus sudah diganti setelah jarak tempuhnya lebih dari 5.000 kilometer. Bahkan untuk motor matic perlu diganti jika jaraknya tempuhnya sudah 3.000 kilometer.

2. Suara mesin transmisi kasar
Tanda berikutnya adalah, dengan mengecek lewat suara mesin transmisi. Seringnya mesin digunakan akan membuat semakin menurunnya sifat oli sebagai pelumas sehingga membuat suara mesin menjadi kasar.

Rasakan disaat mengoper gigi atau saat mesin di gas. Atau suara kasar keluar dikarenakan kualitas oli sudah kedaluarsa

3. Warna hitam pekat
Warna hitam pada oli disebabkan karena zat panas atau zat emisi atau kerak sisa pembakaran. Jadi bisa disimpulkan bahwa oli yang berwarna hitam sudah terkontaminasi dengan banyak zat, kerak, gas NOx dan bensin yang tidak terbakar sehingga daya lumasnya akan menurun dan mesin pun lebih cepat aus.

4. Volume oli berkurang
Tanda berikutnya adalah volume oli motor berkurang. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, di antaranya yaitu oli menguap saat kepanasan, oli masuk ke ruang bakar secara langsung melalui celah dari ring piston ataupun adanya kebocoran oli.

Setiap kendaraan memiliki indikator oli yang bertugas memberi atau menjaga sirkulasi pelumasan pada mesin. Jika oli sudah harus diganti, maka indikator akan memberikan sinyal atau tanda, yaitu minyak di indikator mulai sedikit.

5. Suhu Mesin terasa lebih tinggi dari sebelumnya
Yang perlu diperhatikan adalah saat oli kondisinya mulai menunjukkan memburuk, daya hantar panasnya juga menjadi berkurang.

Inilah yang bisa menyebabkan penyebaran panas menjadi tidak rata. Sehingga kita akan merasa radiasi panas dari area blok mesin ke arah kaki yang sebelumnya tidak terasa.

(*Dadang/Artikel ini telah tayang di sinergipapers dengan judul: 5 Tanda Motor Anda Ganti Oli)

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

9 Cara Merawat Mesin Motor Matic yang Benar Supaya Awet

Minggu, 19 Desember 2021 | 17:35 WIB

Tips Memilih Kaca Film untuk Mobil Kesayangan

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:16 WIB

Toyota Siapkan 2 Mobil MPV Baru di Tahun 2022?

Minggu, 12 Desember 2021 | 09:47 WIB
X