• Selasa, 27 September 2022

Aturan PSE Resmi Diberlakukan, Kominfo Bisa Intip Isi Percakapan di WhatsApp

- Jumat, 29 Juli 2022 | 16:21 WIB
Ilustrasi sedang melangsungkan percakapan di WhatsApp (Edy Mufti - Sinergi Madura)
Ilustrasi sedang melangsungkan percakapan di WhatsApp (Edy Mufti - Sinergi Madura)

TEKNO, SINERGI MADURA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) disebut-sebut bisa mengintip isi percakapan di WhatsApp.

Maka dari itu, kedepan Kominfo dengan mudah membaca seluruh percapakan para pengguna di WhatsApp meski terkunci.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Baca Juga: Nonton Gratis, Link Film KKN di Desa Penari Sub Indo Resmi Bukan di LK21

Melalui aturan tersebut, pemerintah nantinya bisa melihat isi pesan walaupun aplikasi tersebut diklaim memiliki fitur enkripsi.

"Iya sangat memungkinkan (Kominfo intip percakapan WhatsApp pengguna-red)," ujar pakar keamanan siber dari CISSReC, Pratama Persadha, seperti dikutip dari Instagram @indozone.id pada Jumat, 29 Juli 2022.

Aturan dalam Permenkominfo yang dimaksud terdapat pada Pasal 36 ayat 1 yang menyebutkan jika PSE Lingkup Privat memberikan akses Data Lalu Lintas (traffic data) dan Informasi Pengguna Sistem Elektronik (Subscriber Information) yang diminta oleh Aparat Penegak Hukum dalam hal permintaan tersebut disampaikan secara resmi kepada Narahubung PSE Lingkup Privat.

Baca Juga: Bacaan Doa Awal Tahun 1444 Hijriyah, Lengkap dengan Artinya

"Kemudian untuk masalah ini, apakah yakin WhatsApp benar-benar menggunakan sistem yang end to end encryption?," ujarnya.

Halaman:

Editor: Edy Mufti Es

Sumber: instagram @indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X